Tangerang – Demi memuluskan perkara komunikasi, masing-masing pemain tim nasional Indonesia U-22 juga akan dibekali kamus bahasa Spanyol.

Hal itu diungkap oleh Bima Sakti, asisten pelatih timnas, ketika ditemui di lokasi pemusatan latihan pemain di Lapangan SPH, Karawaci, Tangerang, Rabu (22/2/2017).

“Jadi kami akan membantu pemain dengan kamus yang dibuat oleh penterjemah,” katanya.

“Paling tidak kata-kata yang sering dipakai saat latihan atau pertandingan. Jadi mereka harus paham sambil belajar,” imbuh mantan penggawa ‘Skuat Garuda’ tersebut.

Foto: Amalia Dwi Septi

Dalam pemusatan latihan para pemain menjalani arahan dari pelatih Luis Milla dan dua asistennya, Miguel Gandia dan Eduardo Perez, dalam bahasa Spanyol. Ketiganya selalu ditemani oleh penterjemah saat latihan atau di luar lapangan.

Di lapangan, instruksi berbahasa Spanyol dari Milla pun mesti diartikan lebih dulu agar para pemain dapat mengerti apa yang disampaikan si peracik taktik.

Pemberian kamus bahasa Spanyol, berisikan kosakata sehari-hari, diharapkan dapat memuluskan perkara komunikasi. Hal itu, kata Bima, juga akan membuat para pemain dapat ilmu tambahan.

(ads/krs)


NO COMMENTS