London – Red Devils akan kehilangan kesempatan meraup sekitar 50 juta poundsterling (Rp 859 miliar) jika gagal mengalahkan Ajax di final Liga Europa pada 24 Mei mendatang.

BBC.com menyatakan bahwa kegagalan menembus Liga Champions untuk musim kedua berturut-turut akan memicu klausul penalti sebesar 21 juta poundsterling (Rp 361 miliar) dalam kesepakatan 10 tahun MU dengan Adidas — sebuah kesepakatan sponsor yang bernilai total 750 juta poundsterling (Rp 12,8 triliun).

Potensi kehilangan pendapatan sebesar 21 juta poundsterling dari Adidas tersebut merupakan 30% dari pembayaran sponsor tahunan yang diestimasi mencapai 70 juta poundsterling.

Selain itu, tampil di Liga Champions juga ditaksir bisa membuat MU meraup uang sekitar 29-30 juta poundsterling lainnya, yang di antaranya didapat dari hak siar dan uang partisipasi.

Artinya, ada uang dalam jumlah “wah” yang dipertaruhkan buat MU ketika melawan Ajax di final Liga Europa mendatang, dengan tim pemenang dapat tiket ke Liga Champions musim depan.

“Buat kami hadiah terbesarnya adalah Adidas dan Liga Champions,” kat Petugas Finansial MU Cliff Baty di BBC.com.

Baty menambahkan bahwa lazimnya MU bisa berharap pemasukan sekitar 40-50 juta poundsterling jika tampil di Liga Champions. Sementara partisipasi di Liga Europa berbuah pemasukan 15-20 juta poundsterling.

(krs/rin)


NO COMMENTS